Pages

Selasa, 22 Mei 2012

Teknik Karya Wisata

TEKNIK KARYA WISATA
A.    Pengertian Teknik Karya Wisata
Teknik Karya Wisata merupakan teknik BK Kelompok yang dilakukan secara langsung dengan menggunakan kegiatan karya wisata sebagai forumnya untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

B.     Fungsi Teknik Karya Wisata
Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengunjungi obyek-obyek menarik yang berkaitan dengan pelajaran atau tujuan tertentu untuk mengetahui lingkungan dan masalahnya sehingga memupuk rasa tanggung jawab, kerjasama, kepercayaan diri, mengembangkan bakat dan cita-cita peserta didik.


C.    Jenis Kegiatan
BK Kelompok dengan menggunakan teknik karya wisata ke Museum Brawijaya Malang sebagai upaya pengenalan terhadap perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

D.    Sasaran Kegiatan
Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kedungwaru, Tulungagung

E.     Langkah-langkah
1.      Persiapan
Ø  Penetapan tujuan Karya Wisata ke Museum Brawijaya Malang, sebagai berikut :
1.      Museum Geologi Bandung berfungsi sebagai penunjang mata pelajaran tertentu (misalnya Sejarah) karena menyajikan informasi tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.
2.      Museum ini memaparkan tentang usaha-usaha para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian, diharapkan para siswa mampu menghargai jasa para pahlawannya serta meningkatkan jiwa nasionalisme serta patriotisme.

Ø  Survei tentang lokasi museum yang akan di kunjungi, sebagai berikut :
1.      Data – data tentang Museum Brawijaya Malang yang akan di kunjungi.
2.      Lokasi museum.
3.      Aspek yang akan di pelajari.
4.      Jarak yang di tempuh.
5.      Transportasi dan penginapan.
6.      Pembentukan panitia kegiatan di bawah bimbingan guru maupun konselor.

2.      Perencanaan
Ø  Membahas hasil survey serta pembentukan panitia secara penuh sesuai jobdise masing – masing.
Ø  Penyusunan acara yang terstruktur untuk melatih kedisiplinan peserta didik
Ø  Menentukan metode pengumpulan data , seperti wawancara, pengamatan langsung maupun dokumentasi.
3.      Pelaksanaan
Ø  Siswa melaksanakan tugas sesuai dengan pembagian yang telah di tetapkan dalam rencana kunjungan, sedangkan guru maupun konselor hanya mengawasi dan membimbing. Misalnya pembagian kelompok serta ketua kelompok untuk memudahkan pengkondisian siswa.
Ø  Siswa mencermati arahan pemandu wisata yang menjelaskan tentang museum yang di kunjungi.
Ø  Siswa dapat mengamati secara langsung tentang peninggalan-peninggalan bersejarah, foto-foto maupun alat transportasi yang digunakan dalam upaya merebut kemerdekaan.
4.      Pembuatan Laporan
Hasil Karya wisata ke Museum Brawijaya Malang ini di tulis dalam bentuk laporan. Laporan ini menyajikan tentang :
Ø  Informasi yang diperoleh dari museum yang dikunjungi.
Ø  Hasil pengamatan secara langsung tentang museum tersebut.

1 comments:

WM-dougther mengatakan...

tak seindah keja dengan jika ada sesuatu yang mengganjal...???!

Posting Komentar