Pages

Selasa, 22 Mei 2012

Kepustakaan

PEMBAHASAN
A.   Pengertian  Tampilan Kepustakaan
Tampilan kepustakaan berupa bantuan layanan untuk memperkaya dan memperkuat diri berkenaan dengan permasalahan yang dialami  klien. Layanan ini memandirikan klien untuk mencari dan memanfaatkan sendiri bahan-bahan yang ada di pustaka sesuai dengan kebutuhan. Yang juga dapat digunakan peserta didik dalam pengembangan diri, kemampuan sosial, kegiatan belajar dan karir/jabatan.


B.   Tujuan Tampilan Kepustakaan
1.      Melengkapi subtansi layanan berupa bahan-bahan tertulis dan rekaman yang ada dalam layanan tampilan kepustakaan.
2.      Mendorong klien memanfaatkan data  yang ada untuk mengentaskan  masalah.
3.      Menndorong klien memanfaatkan pelayanan konseling secara langsung dan  berdaya guna.

C.   Komponen Tampilan Kepustakaan
1.      Konselor
Adalah seorang yang memiliki akses dengan berbagai bahan yang tersedia di perpustakaan.
2.      Peserta kegiatan
Individu (atau lebih)  yang berkepentingan dalam mengakses terhadap bahan kepustakaan tertentu. Peserta layanan  untuk tahap pra-konseling adalah mereka yang tanpa terikat dengan layanan konseling. Peserta pada dalam-konseling adalah mereka yang sedang menjalani konseling dan peserta pasca-konseling adalah mereka yang sebelumnya sudah menjalani layanan konseling. Peserta hendaknya paham membaca dan mampu mengaitkan materi dengan permasalahan dan pengembangan diri.

3
D.   Asas Tampilan Kepustakaan
Asas Kegiatan mendominasi karena harus mencari referensi, memahami dan menyimpulkan yang diiringi  dengan asas kesukarelaan.
 
E.   Pendekatan dan Tekhnik Tampilan Kepustakaan
v  Format yang digunakan adalah dapat  secara individual, kelompok, klasikal, lapangan dan  politik.
v Teknik yang dilaksanakan oleh peserta layanan:
1.      Mencari bahan yang digunakan
2.      Mengajarkan klien membaca teknik cepat dan tepat.
3.      Arah aplikasi materi yang dibaca
v  Waktu: diatur sendiri oleh klien, yang di sesuaikan dengan penugasan oleh konselor. Penilaian: Penilaian hasil yang dilakukan oleh klien.
v  Kaitannya dengan layanan terkait dengan materi  layanan.

F.    Operasionalisasi Tampilan Kepustakaan
v Persiapan
Menyampaikan perlunya tampilan kepustakaan, menetapkan  bahan-bahan tampilan kepustakaan, menyiapkan klien  untuk mengakses bahan-bahan yang dibutuhkan, menetapkan waktu kegiatan dan menetapkan pembicaraan terhadap hasil yang diperoleh dari tampilan kepustakaan.
v Monitoring pelaksanaan
Dapat dilaksanakan secara tidak langsung (klien dimandirikan) dan secara langsung dimana peserta layanan ditugaskan menyiapkan diri dengan bahan  atau topic tugas tertentu
v Evaluasi  dan tindak lanjut
Terlaksana pada kegiatan layanan yang berlanjut, terutama  layanan dengan kontrak sambil dilaksanakan evaluasi.

0 comments:

Posting Komentar