Pages

Selasa, 22 Mei 2012

Teknik Bermain

 I.      Pengertian
Layanan bimbingan kelompok yaitu sebuah layanan yang dilakukan pada sebuah sekelompok anggota untuk memperoleh sebuah kesepakatan bersama dari sebuah pokok permasalahan.

 II.   Prosedur Penyelenggaraan
a.      Langkah Awal
Kegiatan awal dari kegiatan layanan bimbingan kelompok dimulai dengan berkumpulnya calon anggota kelompok dalam seatu tempat yang telah disepakati untuk memulai kegiatan kelompok yang telah direncanakan.


b.      Perencanaan Kegiatan
Ø  Materi berkaitan dengan layanan
Ø  Tujuan yang ingin dicapai oleh anggota
Ø  Sasaran kegiatan
Ø  Bahan dan sumber topik
Ø  Rencana penilaian
Ø  Waktu yang diperlukan (kesepakatan anggota)

a)      Tahap Pembentukan

1.      Memberikan salam pembuka dan menerima anggota kelompok secara terbuka.
Contoh Dialog :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah pada hari ini kita bisa bertemu dan berkumpul dengan keadaan yang sehat tanpa ada halangan satupun. Sebelumnya bapak mengucapkan terimakasih atas kesukarelaan kalian karena dapat meluangkan waktu untuk bersedia hadir di ruangan ini untuk melaksanakan kegiatan pada hari ini.

2.      Menjelaskan pengertian dan asas bimbingan kelompok
Contoh Dialog :

Baiklah, disini kita akan melakukan kegiatan bimbingan kelompok. Sebelumnya, saya akan menjelaskan apa bimbingan kelompok itu. Dalam kegiatan ini, kita akan membahas masalah-masalah yang bersifat umum maupun pribadi. Ibu berharap kita semua bisa berkata jujur apa adanya, saling terbuka satu sama lain, tidak ada yang ditutup-tutupi. Selain itu, kita harus menjaga kerahasiaan apa yang nanti akan kita bahas bersama, tidak boleh ada orang lain yang tahu. Ibu juga berharap kalian datang kesini atas dasar sukarela, tanpa ada paksaan dari orang lain…………..
3.      Berdoa
Contoh Dialog :

Baiklah  untuk mengawali kegiatan hari ini alangkah baiknya kita berdoa agar pada kegiatan hari ini dapat berjalan dengan kelancaran tanpa ada gangguan apapun, berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, berdoa dipersilahkan……..
Selasai………

4.      Perkenalan
Contoh dialog :

Agar proses berjalan lancar ada baiknya kalau kita berkenalan terlebih dahulu. Coba kalian memperkenalkan diri masing-masing di mulai dari samping kanan saya.

Dimulai dari guru BK memperkenalkan diri dan dilanjutkan anggota kelompok. Masing-masing anak tersebut memperkenalkan diri di hadapan anggota lainnya. Agar saling mengenal untuk kelancaran proses kegiatan tersebut.

5.      Kesepakatan waktu
Contoh Dialog :

Dalam kegiatan ini, kita perlu menentukan kesepakatan waktu, agar kegiatan berjalan lancer sesuai dengan apa yang kita harapkan.
Berapa menit waktu yang kita sepakati?
Baik kalau begitu… kita sepakat, dalam tiap pertemuan kita hanya membutuhkan waktu 45 menit.

6.      Permainan

Sebelum kita masuk pada kegiatan selanjutnya bapak punya satu permainan agar kalian lebih bersemangat….

Tema permainan          : Siapa kamu?
Jumlah Pemain            : 8 orang
Alat bantu                   : 8 lembar kertas kosong, box kecil dan pena
Cara bermain               : Setiap siswa diminta untuk menuliskan nama panggilannya pada selembar kertas kosong yang telah disiapkan. Kemudian kertas yang telah ditulisi, dilipat dan dikumpulkan pada box yang telah tersedia. Setelah semua terkumpul, box dikocok dan setiap siswa diminta untuk mengambilnya lagi. Tidak boleh ada siswa yang memegang kertas bertuliskan namanya sendiri. Selanjutnya, setiap siswa harus mencari kertas yang bertuliskan namanya dan menukarkannya. Namun ketika menukarnya, setiap siswa harus berkenalan terlebih dahulu pada siswa lain yang membawa kertas bertuliskan namanya tadi. Setelah semua kertas dipegang oleh pemiliknya masing-masing, salah satu siswa diminta maju kedepan dan mengenalkan siswa lain yang membawa kertas bertuliskan namanya tadi.
          
b)     Tahap Peralihan
1.      Menjelaskan kembali tentang sekilas tentang bimbingan kelompok kepada para anggota kelompok.
Contoh Dialog :

Baiklah anak-anak, disini ibu akan mengingatkan kembali apa kegiatan bimbingan kelompok itu. Disini kita akan membahas masalah-masalah yang bersifat umum maupun pribadi. Kita akan membahas bagaimana cara mencari solusi atau pemecahannya.

2.      Mengembalikan suasana kegiatan dan menanyakan kesiapan para anggota kelompok
Contoh Dialog :

Kita fokus yah anak-anak pada apa yang kita bicarakan jangan ada yang saling mendahului artinya kita harus saling menghargai satu dengan yang lainnya. Bagaimana anak-anak apa kalian sudah siap?

3.      Pemberian contoh topik yang akan dibahas
Contoh Dialog :

Dalam kegiatan ini kita akan membahas masalah yang bersifat umum maupun pribadi, contohnya kita akan membahas masalah “Bagaimana memanfaatkan waktu sebaik mungkin?”. Disini kalian dituntut untuk mengemukakan pendapat, saran maupun kritik. Untuk itu ibu akan menyerahkan semua pada kalian mengenai topik apa yang akan kalian bahas. 

c)      Tahap Kegiatan
1.      Mengemukakan Topik
Pemimpin kelompok mulai menanyakan topik apa yang akan dibahas dan menyerahkan kepada anggota kelompok.
Contoh Dialog :

Setelah ibu memberikan sedikit contoh, sekarang apa topik yang kalian akan bahas pada kesempatan hari ini? Coba kalian pikirkan baik-baik…
Nanti kita putuskan dan sepakati bersama.
2.      Tanya Jawab
Dalam segmen ini anak-anak melakukan proses tanya jawab untuk bahan diskusi.
Contoh Dialog :

Baiklah anak-anak setelah kalian memilih topik yang akan kalian bahas maka untuk selanjutnya kita akan berdiskusi dengan tanya jawab, ibu minta dari kalian untuk mencoba mengeluarkan pendapatnya masing-masing.
Apakah kalian sudah siap?

Melakukan proses Tanya jawab dengan terbuka.

3.      Pembahasan Topik
Pembahasnan topik berdasarkan kesepakatan anggota

4.      Selingan
Untuk menghilangkan kepenatan dari anggota kelompok alangkah baiknya mengadakan selingan.
Contoh Dialog :

Baik anak-anak agar kita tidak merasa penat, coba berdiri sejenak dan putar badan ke kanan dan ke kiri.
            
5.      Kesimpulan
Menarik kesimpulan dari hasil diskusi.
Contoh Dialog :

Setelah kita membahas topik tersebut, sekarang apa yang dapat disimpulkan dari pembahasan ini?

Pemimpin kelompok membahas dan menunjuk satu persatu anggota kelompok untuk menyimpulkan hasil dari diskusi.

d)     Tahap Pengakhiran
1.      Mengingat kegiatan akan berakhir dan pemberian kesan dari masing-masing anggota kelompok.

Contoh Dialog :

Berdasarkan dari hasil kesepakatan waktu, ternyata waktu kita tinggal 15 menit lagi….
Bagaimana kalau kita gunakan sisa waktu ini untuk mengemukakan kesan dari kegiatan ini….
2.      Memberikan Laiseg
Dalam  hal ini guru BK atau pemimpin kelompok memberikan Penilaian Segera atau biasa disebut Laiseg. Yaitu pemimpin kelompok menilai dari anggota kelompok, dimana anggota kelompok yang aktif dan anggota kelompok yang pasif.

3.      Mengucapkan terimakasih
Pemimpin kelompok mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota kelompok.
Contoh Dialog :

Ibu ucapkan banyak terimakasih kepada kalian semua yang sudah bersedia mengikuti kegiatan pada hari ini. Semoga ada manfaat yang dapat kita ambil dari kegitan ini.

4.      Berdoa untuk penutup
Contoh Dialog :

Untuk mengakhiri kegiatan hari ini alangkah baiknya kita berdoa bersama. Berdoa mulai…. Selesai….
            Ibu akhiri Wassalamualaikum Wr. Wb.



1 comments:

Unknown mengatakan...

Tehnik ini biasanya akan menarik perhatian siswa dalam prosesnya hingga pesan yang ingin disampaikan bisa maksimal di terima siswa

Posting Komentar